Kamis, 15 September 2011

[opini] Video Tutorial vs Pengajaran Langsung

Nulis artikel apaan yah?/ngantuk. yaa udah sharing resource ilmu yang saya peroleh saja. Kali ini saya sharing tentang pemikiran saya mengenai pembelajaran open source. Mengapa saya ingin membahas ini. karena eh karena. Selama di SMA dulu saya belajar pelajaran diluar SMA pake video tutorial. (Kasihan banget temen-temen saya les, mbayar mahal-mahal eh ga diterima di PTN  yg ga favorit {ya iyalah wong pada milih PTN favorit semua} tapi saya yg belajarnya semrawut eh ga diterima juga /gubrak). Nah video tutorial yg bagus dimana?.Kalo saya sih nyari di youtube muter-muter dan akhirnya ketemu. Nah apa yg saya temukan. Ternyata tutorialnya lebih manteb daripada buku yg djual di toko buku dan sebanding dg di les-lesan/training.
Nah untuk itu anda bisa liat di sini di page blog saya. Suatu saat kalo saya nemu web bagus akan saya masukkan disitu. Andai pengajaran indonesia open source./ehemehem.
Oh iya.. kelebihan video tutorial daripada pengajaran langsung itu apa aja sih::/dignose
  1. Video bisa di pause ato bisa di perlambat or viceversa(kebalikannya) tapi Pengajaran Langsung ngga.
  2. Video bisa di replay(diputar ulang), Pengajaran Langsung ngga.
  3. Kalo yg ahliVideo Tutorial bisa diberi effect ato note di bagian tertentu dengan cara memberi subtittle ato lainnya, Pengajaran Langsung notenya di kertas.
  4. hemat biaya dan waktu jadi tidak terpaku pada waktu luang si pengajar.
Kalo kekurangannya?./nobigdeal
  1. video Merusak Mata, kalo Pengajaran Langsung menyegarkan mata apalagi kalo yang ngajarin bening./hmm.SEGER EUY.
  2. kalo misalnya bingung tidak bisa bertanya langsung tapi itu tidak masalah karena jaman semakin canggih jadi tinggal kontak/e-mail aja. tapi yg jadi masalah kalo si pembuat tutorial memiliki banyak penggemar.kenapa? karena pertanyaan anda mungkin tidak dijawab karena saking banyaknya antrian pesan.
  3. kalo Pengajaran Langsung bisa godain pengajarnya jadinya /cihui lebih bermakna dan mempererat tali silaturahmi, tapi kalo video ga bakal bisa gitu.
/ngantuk sekian dari saya. bila salah mohon untuk disalahkan saja. sekalian bukak label/kategori baru coz bingung nulis apa. Matur Suwun.
sebenernya saya juga kepengin bikin tutorial tapi berhubung saya hanya punya not-book jadi mengenaskan. /madesu 
/thanks

0 wong sing ngomong:

Posting Komentar