Rabu, 10 Agustus 2011

[diary][tips] Lesson 1

/ngantuk Liburan belajar, Mulai kuliah belajar. /sweat. Beginilah hidupku. Kemarin ga jadi buber bersama gara-gara pergi menjalankan tugas./sweat. haduh cadi berkeringat(/sweat).
      Pertama kali saya belajar programming dengan otodidak./bingung . Maksudnya belajar sendiri. Kenapa begitu? Karena otodidak timbul atas keinginan diri sendiri, apapun motivnya dalam mempelajari sesuatu sehingga dalam mempelajarai sesuatu tidak ada tekanan. Kalaupun ada tekanan, tekanan itu saya sendiri yg membuatnya jadi ga ada masalah./blur. Jadi saran saya untuk pembaca (kalo ada pembacanya) belajar pemrograman sebaiknya otodidak.[/stress]. Lalu sumber belajarnya darimana?
 (banyak nanya!) Kalau saya sendiri dari internet seperti e-book, situs tutorial, atau video tutorial di youtube. Tapi tutorialnya kebanyakan bhs.Inggris ! Memang kendala paling basic adalah bahasa terutama video tutorial pemrograman kebanyakan nginggris (bukan nginggil). Terus Gimana? Ya belajar bahasa inggris ato gunakan google translate /hm. Rencananya postingan-postingan sejenis ini akan saya bwt seperti diary biar jadi bacaan yang menyenangkan tapi saat awal ngetik mindset saya salah /dignose jadi moon maap.

  • Step-1 aku mencari-cari informasi pemrograman itu seperti apa? dan ternyata huaduh ada berbagai macam bahasa (kaya manusia aja) dan yang lebih kerennya dibedakan menjadi beberapa level [high level -> mudah/manusiawi, mid level -> cukup manusiawi, low ->  bahasa mesin/kurang manusiawi] dan sudut pandang ( diantaranya (kalo salah mohon dimaklumi maklum copas):
    • 1. Prosedural : Algol, Pascal, Fortran, Basic, Cobol, C ...
    • 2. Fungsional : LOGO, APL, LISP
    • 3. Deklaratif/Lojik : Prolog
    • 4. Object oriented murni: Smalltalk, Eifel, Jaca, C++..
    • 5. Konkuren : OCCAM, Ada, Java
    • 6. Relasional: SQL pada basisdata relasional
  • Step-2 aku mencari-cari bahasa pemrograman yang sesuai dengan motivku lalu liat-liat keunggulane masing-masing bahasa. Dan akhirnya ketemu, mau tau apa? tunggu [Diary} Lesson 2 dari saya./hmm kaya pelm aja
  • Step-3 masih terus nyari tapi kali ini aku mencari tutorialnya dan dengan mudah aku menemukannya lewat mbah google.(mbah google emang sexy=keyword yg buruk).
  • Step-4 akhirnya kusadari ternyata setelah melakukan berbagai riset, mencari pentuahk, dan nonton pelm=ga nyambung= studying pemrograman yg paling beut adalah nonton video tutorial walaupun bernginggris ria.

     /sweat akhirnya selese postingku hari ini. kira-kira sudah berapa kata yang ku ketik? Hitung ahh dan WOW kata yang kuketik .............. aku tidak tahu jumlahnya./wahaha. {OPINION : kayanya halaman posting ini loadingnya lambat gara-gara kebanyakan emoticon}.
      Matur suwun untuk pembaca(saya sendiri), penulis(saya sendiri), Tim Kreatif(cuman 1 orang yaitu saya sendiri). Akhir kata mohon tips dan comment serta backlink dan juga tolong promosiin blog saya ya!!/thanks                                               

0 wong sing ngomong:

Posting Komentar